Notification

×
Copyright © Best Viral News Properti

Iklan

Subiakto Priosoedarsono, Pakar Branding Indonesia yang Mengakar

Thursday, January 27, 2022, January 27, 2022 WIB Last Updated 2022-03-08T09:14:16Z

 

 

Siapa yang tak kenal Subiakto? Mungkin yang tak kenal itu bukan pengusaha, tetapi karyawan biasa. Subiakto menjadi rujukan soal branding, apalagi saat ini ia lebih fokus pada branding UKM yang jumlanya ribuan.

 

Berikut ini sekilas Informasi yang berhasil kami rangkum dari situs pribadi milik Pak Bi, sapaan akrab Subiakto.

 

PAKAR BRANDING YANG PRAKTISI

Netizen menjuluki pak Bi itu Pakar Branding. Tapi faktanya saya adalah Praktisi Branding yang sudah berpengalaman 50 tahun membuat dan membesarkan Brand. Membantu Client menemukan Brand DNA, Brand Core Value, Brand Added Value dan Brand Positioning. 

 

Saya cukup beruntung mendapat kesempatan membesarkan Brand – Brand Nasional yang sekarang mendunia seperti Indomie, Kopiko, dan Torabika. Dan sebaliknya membantu memperkuat Brand MacDonald’s di Indonesia dengan taglinenya “Manalagi selain di McD”

 

Serta berkesempatan membranding beberapa pemimpin Indonesia seperti Presiden 2004-2009, SBY-JK dan Gubernur DKI 2007-2012 Fauzibowo .




BERAWAL DARI PELUKIS KOMIK

Menjadi pelukis komik sejak duduk di bangku SMA kelas 2 hingga tingkat 1 Sekolah Tinggi Seni Rupa Jakarta, saya lalu memulai karier profesional sebagai praktisi branding sejak tahun 1969.

 

Mengawali karier profesional di perusahaan Modern Packaging sebagai Art Director dibawah bimbingan para ahli manca negara seperti Norwegia, Swedia, India, Pakistan dan Singapore, membuat ketrampilan brandingnya lewat packaging mumpuni.

 

” Your brand is a perception or emotion, maintained by somebody other than you, that describes the total experience of having a relationship with you.” – Marketers McNally and Speak “


Slogan atau Tagline akan men-stimulasi konsumen untuk menjuluki kita sesuai yang kita inginkan – Subiakto Priosoedarsono


Brand is not what you say about you. Brand is what other people say about you. – Subiakto Priosoedarsono




BRANDING LEWAT BERBAGAI MEDIA

Branding lewat packaging, branding lewat ‘broadcast’ iklan media massa seperti iklan televisi, iklan Radio, iklan koran, iklan majalah hingga iklan billboard yang saya lakukan lebih dari 4 dekade. Brand Communication, Brand Activation dan Brand Action pernah saya praktekkan.

Dari Brand minuman kesehatan sampai mie instan. Dari Brand permen sampai presiden. Semua telah dijalaninya. Dari client problem sampai ke solution. Namun semuanya telah saya tinggalkan dan kini beralih ke branding UKM.

Sesuai tuntutan jaman, saya ‘terpaksa’ move-on ke iklan dan content Digital, pada usia yang sudah tidak muda lagi.

Bahkan saya masih diberi kesempatan merancang sebuah Superapps buat NASA 4.0, UKM 4.0 dll
AlhamdulilLah AlLah SWT telah bermurah hati kepada saya




KESEMPATAN BERBAGI PENGALAMAN DAN WISDOM

Sejak tahun 2014 saya berkeliling Indonesia menyebar virus Branding yang memprihatinkan saya melihat begitu jauh tertinggal. Dan mulai tahun 2016 saya resmi menyelenggarakan Workshop Bisa Bikin Brand yang telah berlangsung 57 angkatan.

Alumni yang jumlahnya sekitar 1.500 orang saya harapkan akan menjadi motor kebangkitan Brand di Indonesia dan khususnya Brand UKM.

Juga tak kalah pentingnya membranding Indonesia, memantabkan positioning Indonesia selaku pusat rempah dunia. Indonesia Spicing The World.




PAKAR TAGLINE DAN SLOGAN

Tidak seperti praktisi branding lainnya yang membangun Brand lewat iklan, kekhasan pak Bi ini adalah membangun Brand lewat SLOGAN.

Karena pak Bi meyakini bahwa slogan merupakan tools yang kuat untuk menembus otak kritis dan langsung menyihir otak bawah sadar yang tugas utamanya adalah mengambil keputusan membeli. Itulah yang akan di share kepada teman-teman UKM lewat berbagai Channel Digital yang tersedia.


Sumber: https://subiakto.com/

Komentar

Tampilkan

  • Subiakto Priosoedarsono, Pakar Branding Indonesia yang Mengakar
  • 0

Terkini